Dalam proses pembelajaran, terkadang kita tidak menyadari bahwa lingkungan sekitar kita dapat digunakan sebagai media dalam menyampaikan materi pelajaran. Dalam pembelajaran matematika misalnya, ketika menjelaskan konsep bangun datar dan bangun ruang, banyak sekali bendanbenda di sekeliling baik di dalam maupun diluar kelas yang mewakili bangun ruang dan bangun datar. Contohnya untuk bangun datar persegi panjang, kita bisa menggunakan buku tulis sebagai alat peraga. Untuk bangun ruang misalnya kubus, kita dapat menggunakan kotak kapur sebagai alat peraga untuk memperlihatkan bentuk kubus dalam kehidupan sehari-hari.
Kita sebagai pendidik seharusnya lebih bisa membuka diri terhadap hal-hal baru yang kreatif, efisien, dam murah. Lingkungan sekitar kita sebenarnya memberikan banyak fasilitas yang tanpa kita sadari berpotensi untuk digunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar. Di dalam kelas, benda-benda seperti meja, kursi, papan tulis, buku, pensil, keramik lantai dapat kita jadikan contoh nyata dalam pelajaran bangun ruang. Di luar sekolah, benda-benda seperti pohon dan tiang bendera dapat kita jadikan sebagai media untuk belajar trigonometri. Dan masih banyak lagi yang dapat kita gunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar kita.
Maka dari itu, sebenarnya tidak bisa dijadikan alasan jika fasilitas yang kurang memadai adalah faktor yang menghambat kegiatan belajar mengajar. Yang dibutuhkan oleh seorang guru hanyalah kreatifitas, kemauan, dan imajinasi. Cobalah untuk berpikiran yang lebih tidak menutup kemungkinan kita dapat memaksimalkan kegiatan belajar mengajar dengan media yang cukup sederhana.
Berikut ini saya telah membuat presentasi tentang pemanfaatan lingkungan dalam kegiatan belajar matematika. Silahkan download melalui link di bawah ini :
http://www.4shared.com/file/223C-6EO/Pemanfaatan_Lingkungan.html
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…^_^
Tinggalkan Balasan